Senin, 08 April 2019

Buku Baru "Lentera Batukaru"

LENTERA BATUKARU novel Memoar Putu Setia (Mpu Jaya Prema Ananda)

Buku ini adalah novel memoar. Sebagian besar adalah memoar namun dituturkan dengan cara yang mendekati fiksi dengan beberapa nama dan tempat yang disamarkan. Gaya bertutur bukan murni sebagai karya sastra, tetapi lebih pada karya jurnalistik dengan mengedepankan reportase.
Bertutur tentang keluarga kecil di lereng Batukaru dengan nama desa yang disamarkan, yang terseret dalam pusaran kekerasan politik pasca G-30-S/PKI. Ayah keluarga kecil itu tiba-tiba dicap sebagai PKI dan diciduk tentara. Tidak jelas apakah dibunuh dan di mana dimakamkan atau dibuang jenazahnya -- seperti yang menimpa banyak keluarga kecil di Bali saat-saat itu.

Cerita direkam oleh salah seorang keluarga dekat dengan menuturkan memoar hidupnya di tengah tragedi itu. Tutur pun berlanjut pada situasi panas menjelang Pemilu 1971 di mana ada peristiwa yang disebut "bulelengisasi" yakni pembubaran PNI karena datangnya Golkar yang saat itu masih berbentuk Sekretariar Bersama (Sekber).
Apa kelanjutannya silakan baca sendiri. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) Jakarta dan beredar serentak di seluruh Indonesia pada 20 April 2019 lewat jaringan TB Gramedia dan Togamas, sengaja disedarkan setelah pemilu 2019.



Buku ini sudah bisa dipesan dengan edisi tandatangan penulisnya lewat WA/SMS 0853 3390 2430 (tidak melayani pembicaraan telepon, WA ini dipegang oleh admin Pasraman Manikgeni). Tulis nama dan alamat lengkap. Setelah alamat dikirim akan dikirimi berapa yang harus dibayar sebagai tambahan ongkos kirim dan kemana transfer dananya. Harga buku itu sendiri Rp 70.000,-
Buku ini sudah dimasudkan sebagai hadiah dari penulisnya sendiri untuk ulang tahunnya yang ke 68, 4 April 2019. Selamat secara sederhana sudah dilakukan di lingkungan keluarga Mpu Jaya Prema bersama anak, cucu, menantu. Direncanakan peluncuran buku secara umum dilakukan setekah Pemilu 17 April dan dicarikan waktu yang pas.
Tapi buku ini sudah bisa dipesan lewat WA 0853 3390 2430 itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar